Kamis, 05 Mei 2011

DEMOKRASI DI INDONESIA, AWALNYA DIANGGAP REMEH TERNYATA BERPOTENSI JADI PANUTAN DI ASIA


Tidak bisa dipungkiri paska era reformasi keberhasilan Indonesia dalam bidang demokrasi yang tidak banyak disadari itu, membuka mata bangsa Indonesia bahwa keberhasilan tersebut merupakan sebuah prestasi yang luar biasa. Prestasi tersebut juga menjadikan Indonesia sangat berpotensi mengantarkan datangnya era baru di Asia yang makmur dan demokratis.
Bisa dikatakan bahwa Indonesia sangat berpotensi menjadi pusat demokrasi di kawasan Asia, berkat keberhasilan mengembangkan dan melaksana-kan sistem demokratis. Sebagai bukti adalah demokrasi di Indonesia telah menciptakan stabilitas politik dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.
Selain itu, Indonesia juga telah berhasil menjadi sebuah negara yang dapat melaksanakan pemilu yang kompleks dan sangat sukses. Meskipun pada awalnya banyak yang meragukan pelaksanaan demokrasi di Indonesia, kenyatannya demokrasi di Indonesia sudah berjalan lama. Untuk membangun suatu sistem demokrasi di suatu negara bukanlah hal yang mudah karena tidak menutup kemungkinan  sistem demokrasi yang telah terbangun mengalami kegagalan. Namun, demokrasi di Indonesia sudah mengalami kemajuan yang sangat pesat contohnya dari segi kebebasan, berkeyakinan, berpendapat atau pun berkumpul mereka bebas bergaul tanpa ada batasan-batasan yang membatasinya. Tetapi, dibalik keberhasilan tersebut bukan berarti demokrasi di Indonesia saat ini sudah berjalan sempurna masih banyak kekurangan dan penyimpangan yang belum sepenuhnya bisa menjamin kebebasan warga negaranya.
Dengan begitu banyak persoalan yang melanda bangsa Indonesia ini. Keberhasilan Indonesia dalam menetapkan demokrasi tentu harus dibanggakan karena banyak Negara yang sama dengan Negara Indonesia tetapi Negara tersebut tidak bisa menegakkan sistem demokrasi dengan baik. Meningkatkanya angka pengganguran, masalah korupsi, adalah contoh fenomena dalam Negara sistem demokrasi, demokrasi adalah sistem yang buruk diantara alternatif lain tetapi demokrasi memberikan harapan untuk kebebasan, keadilan dan kesejahteraan.      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar