Rabu, 27 April 2011

Kenali Tanaman Air Sebelum Memilih

          Di wilayah tropis seperti Indonesia, ada begitu banyak ragam tanaman air. Iklim seperti ini memang memungkinkan tanaman tumbuh subur, mulai dari tanaman hijau hingga bunga.
Ada beberapa tanaman air yang banyak dikenal masyarakat, antara lain:
  1. Teratai, dikenal dengan bunganya yang cantik berwarna-warni dan daun yang menempel di permukaan air. Ukurannya berkisar antara 45-90 cm. Biasanya, tanaman ini digunakan ikan untuk beristirahat atau berteduh dari cahaya matahari. 
  2. Lotus, serupa dengan teratai, dengan ukuran lebih besar. Daunnya bulat lebar, dengan ukuran berrkisar antara 6-10cm, dan menebarkan aroma yang wangi. Untuk mempertahankan kecerahan warnanya, beri pupuk setiap tiga atau empat minggu. Tekan pupuk pada tanah agar dapat diserap dengan baik. 
  3. Lily-like, yaitu tanaman yang bentuknya menyerupai teratai dengan daun yang mengapung di permukaan air. Misalnya, water poppy, water hawthrone, japanese pond lily, dan water snowflake. Tanaman ini tumbuh di kolam dangkal dengan kedalaman 30-60 cm. Tanaman ini memiliki bunga dengan ukuran sekitar 2-5 cm. 
  4. Horsetail, tanaman dengan batang memanjang ini tumbuh di tanah yang lembap. Bentuknya yang ramping dan rapi cocok digunakan sebagai pelengkap. Perawatannya pun mudah karena masih tergolong tanaman liar. 
  5. Kuping gajah, cirinya berdaun lebar dengan tekstur dan warna yang dramatis. Disebut juga sebagai taro, beberapa bagian tanaman ini juga bisa dimakan setelah dimasak untuk menghilangkan racunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar